Jumat, 08 Oktober 2010

Andai Gw Jadi Presiden, Koperasi Indonesia akan bangkit kembali,,,


Dulu waktu masih kecil ketika ditanya mau jadi apa, aku jawab dengan tegas mau jadi Presiden. Secara jadi Presiden itu kan enak banget, pikirku waktu itu. Mau kemanapun dikawal ketat oleh Paspampres dan pasukan pengawal lainnya. Terus jika melewati lampu merah pun bisa jalan terus alias bebas hambatan. Di samping itu tiap hari dikelilingi oleh menteri-menteri dan bisa menikmati istana negara yang begitu megah. Dan tiada hari tanpa muncul di media masa maupun televisi. Soal kesejahteraan, kesehatan, dsb sudah tidak perlu ditanya lagi, dengan kata lain sudah pasti dijamin OK.

Akan tetapi bagaimana jika saya menjadi presiden dan apakah yang akan saya lakukan untuk memajukan koperasi Indonesia ini? Koperasi di Indonesia belumlah terlihat maju dan ini dapat dilihat dari jumlah anggota koperasi yang tidak bisa dikatakan banyak. Mungkin kurang minatnya masyarakat Indonesia akan adanya koperasi ini. Koperasi mempunyai landasan yaitu berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berasaskan kekeluargaan.

Koperasi menurut UUD 1945 psal 33 ayat 1 merupakan usaha kekeluargaan dengan tujuan mensejahterakan anggotanya. Berarti koperasi bukanlah badan usaha demi mencari keuntungan semata akan tetapi bertujuan untuk mensejahterkan anggotanya. Anggota koperasi bukanlah sebagai anggota saja akan tetapi juga sebagai pemilik dari koperasi itu sendiri. Setiap anggota koperasi memiliki hak suara yang sama dalam mengambil setiap keputusan koperasi.

Fungsi Koperasi antara lain:

1. Membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosialnya.

2.Berperan serta secara aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat.

3.Memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional dengan koperasi sebagai soko-gurunya.

4.Berusaha untuk mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional, yang merupakan usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi.

5.Mengembangkan kreativitas dan membangun jiwa berorganisasi bagi para pelajar bangsa.

Jika saya menjadi presiden di Indonesia maka saya akan memajukan koperasi di Indonesia dengan cara memperbanyak jumlah koperasi dan terutama dalam pengembangan teknologi dan sumber daya manusia. Perhatian terhadap pengembangan kedua faktor tersebut harus lebih besar daripada terhadap penyaluran dana. Pelatihan SDM di dalam koperasi tidak hanya menyangkut bagaimana menjalankan sebuah koperasi yang baik, tetapi juga dalam pemahaman mengenai peluang pasar, teknik produksi, pengawasan kualitas (seperti bagaimana mendapatkan ISO), meningkatkan efisiensi, dll misalnya.

Saya juga akan menyediakan dana yang lebih banyak pada APBN untuk memajukan koperasi Indonesia. Untuk kebangkitan koperasi ini, ada dua hal yang harus dilakukan. Pertama,perubahan paradigma koperasi dari usaha kecil, marginal, dan terpinggirkan menjadi koperasi sebagaientity businessyang bermuatan sosial. Kedua, setiap koperasi harus mempunyai doktrin koperasi yaitu ideologi koperasi.Koperasi sebagai entitas usaha ekonomi rakyat untuk mencapai kedaulatan rakyat di bidang ekonomi sehingga koperasi akan menjadi centre of gravity(sentral gravita) atau jantung kekuatan dari ekonomi nasional yang berpangkal pada kedaulatan ekonomi rakyat. Dengan meningkatkan kekuatan koperasi melalui aliansi koperasi diharapkan dapat menjadi patner bagi kekuatan ekonomi yang lebih besar. Beberapa industri kecil yang tergabung dalam koperasi jika dipersatukan akan menjadi kekuatan untuk menunjang industri yang besar dan maju.

Menurut saya Koperasi memiliki peluang seiring dengan krisis yang terjadi di Indonesia dan Asia pada umumnya. Kegagalan industri besar untuk menghasilkan pembangunan yang berkelanjutan, memberikan peluang bagi koperasi untuk menyatakan dirinya sebagai fundamental perekonomian.

Untuk menggapai peluang itu dan menempatkan kembali koperasi sebagai “soko guru” diperlukan perubahan radikal (mengubah dari akar masalah) dan komprehensif. Yang harus dibenahi Jika saya memang benar menjadi Presiden dengan segera adalah pertama, reorientasi dan reorganisasi koperasi. Koperasi diorientasi dan diorganisasikan sebagai bangun perusahaan yang profesional. Koperasi harus berdiri tegak sebagai bengun perusahaan yang mandiri dan efisien. Kedua, reaktualisasi peranan pemerintah, seperti disebutkan pada uraian sebelumnya. Koperasi jangan lagi dieksploitasi menjadi jargon politik kepentingan. Ketiga, pembenahan sestem ekonomi Indonesia sehingga kembali pada cita-cita didirikannya negara Republik Indonesia. Sistem, praktik dan peraturan-peraturan yang berjiwa kapitalistik-liberal-perkoncoan, harus segera diganti dan di-Pasal 33-kan, sehingga memberikan keleluasaan bagi koperasi dan unit usaha ekonomi rakyat lainnya dapat berkembang dan tidak ditindas oleh unit usaha yang besar dan kuat.

Dan Perlu di Ingat keberhasilan pengembangan koperasi bukan hanya terletak di tangan pemerintah saja ataupun di tangan masyarakat sebagai pengelola dan pengurus saja, melainkan yang terutama adalah adanya kerjasama antara pemerintah sebagai Pembina dan pelindung dengan masyarakat sebagai pengurus dan pengelolanya. Tanpa adanya kerjasama yang baik, perkembangan gerakan koperasi dalam usahanaya untuk berperan aktif dalam perekonomian nasional hanya akan berwujud angan-angan belaka.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar